Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar

Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar
Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar

Cara membuat Google Form tidaklah sulit, bahkan jauh lebih mudah dibandingkan membuat sebuah form dengan software lain. Google selalu mengutamakan tampilan sederhana dan kemudahan penggunaan, dua keunggulan yang menjadikannya raksasa perangkat lunak di dunia.

Apalagi dengan adanya fitur integrasi antar produk Google, proses pengambilan dan pengolahan data dari Form menjadi lebih mudah. Misalnya, Anda bisa membuat sebuah kuesioner di Google Form, menghubungkan datanya ke Google Sheets untuk diolah, lalu menampilkan grafik hasil pengolahan data ke Google Slides untuk dipresentasikan.

Mungkin terdengar rumit, tapi Anda akan menyadari betapa mudahnya melakukan semua itu setelah membaca panduan di bawah ini.

Cara Membuat Google Form

1. Mengenal Google Form

Google Form adalah salah satu produk Google yang berfungsi untuk membuat form berisi daftar pertanyaan dan kolom jawaban. Kegunaannya sangat luas, mulai dari survey, pendaftaran, feedback, hingga voting.

Google Form berdampingan dengan produk Google yang lain seperti Docs, Sheets, dan Slides. Sehingga data yang Anda buat di salah satu aplikasi bisa dengan mudah dihubungkan ke aplikasi lain.

Sebagai langkah awal, buka docs.google.com/forms.

Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar
Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar

Perhatikan tampilannya. Cobalah untuk membuka beberapa menu dan pelajari fungsinya. Bila mengalami kesulitan, Anda bisa membuka dokumentasi resmi Google Form atau ceritamedia.com untuk mendapatkan panduan.

2. Cara Membuat Google Form Baru

Cara membuat Google Form bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Dari Google Form

Di tampilan depan Google Form, Anda akan menemukan opsi Start a New From di bagian atas. Di bawahnya, ada Blank yang terletak di posisi paling kiri, disusul dengan beberapa template di sebelah kanannya.

Blank digunakan untuk membuat Form baru dengan desain yang masih kosong, layaknya membuat dokumen baru di Docs atau Sheets. Pilih menu ini jika Anda ingin mendesain Form Anda sesuai konsep yang sudah Anda siapkan.

Jika Anda ingin cara yang lebih instan, pilih salah satu template yang disediakan di sana. Anda akan mendapatkan sebuah form baru yang sudah memuat background dan kombinasi warna. Ini akan mempercepat proses pembuatan Form daripada harus membuat dari nol. Anda juga tetap bisa mengubah tampilan template sesuai keinginan Anda.

Dari Google Sheets

Cara membuat Google Form yang lainnya adalah dari Google Sheets. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua produk Google saling terkait satu sama lain. Membuat Form baru pun bisa dilakukan dari Google Sheets.

Caranya, buka menu File -> New -> Form.

Atau dari menu Tools -> Create a Form.

Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar
Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar

Dengan cara ini, data dari Form yang Anda buat akan langsung tersimpan ke Google Sheets.

3. Field Options

Google Form tidak hanya menyediakan kolom pertanyaan dan jawaban sederhana. Ada banyak opsi field yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  • Title and Description

Field judul dan deskripsi. Bisa ditambahkan ke bagian Form mana pun. Misalnya sebagai header, penjelasan, dan instruksi di setiap section.

  • Short Answer

Field berupa kolom jawaban satu baris. Paling cocok digunakan untuk jawaban singkat seperti nomor telepon dan alamat email. Meskipun sebenarnya tidak ada batasan jumlah karakter yang bisa diinput ke field ini.

  • Paragraph

Field untuk jawaban yang lebih panjang. Ukuran kolom lebih luas untuk menampung input pengguna. Cocok digunakan untuk jawaban yang rinci dan penjelasan lengkap terhadap pertanyaan yang Anda ajukan.

  • Multiple Choice

Field berisi pilihan jawaban. User hanya diperkenankan untuk memilih salah satu jawaban yang Anda sediakan.

  • Checkboxes

Mirip dengan Multiple Choices, field ini juga berisi pilihan jawaban. Bedanya, Checkboxes mengijinkan user untuk memilih lebih dari satu jawaban. Tersedia fitur validasi untuk menentukan jumlah pilihan secara spesifik. Misalnya, user harus memilih minimal 1 jawaban dan maksimal 3 jawaban dari pilihan yang tersedia.

  • Dropdown

Field ini juga berisi pilihan jawaban. Bedanya, semua pilihan ditampilkan dalam satu menu. Saat user melakukan klik pada Dropdown, pilihan jawaban akan ditampilkan. Setelah user memilih salah satu jawaban, Dropdown akan digulung kembali dan hanya menampilkan jawaban yang dipilih user.

  • Linear Scale

Field ini mengijinkan pengguna untuk memberikan penilaian berupa rentang nilai. Misalnya, dari skala 1 sampai 10, seberapa puaskah user dengan pelayanan di tempat Anda? Jawaban akan diberikan dalam bentuk rentang, misalnya di kisaran 6 sampai 8.

4. Mengolah Data Form

Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar
Panduan Cara Membuat Google Form Disertai Gambar

Setelah Field dibuat dan dipublikasikan, Anda akan mendapatkan respon dari user yang disimpan secara utuh di Google Form. Anda bisa mengaksesnya melalui menu Responses di bagian atas. Data akan ditampilkan dalam bentuk daftar pertanyaan-jawaban, serta dalam bentuk diagram yang merangkum persentase antar jawaban yang diberikan user.

Jika Anda membuat Form melalui Sheets, data akan secara langsung terhubung dan tersimpan ke Google Sheets. Anda juga bisa menghubungkan Sheets dengan Form di kemudian hari. Peran Sheets hanyalah sebagai software pendukung untuk pengolahan data lebih lanjut, sementara data utuhnya tetap tersimpan rapi di Google Form.

Anda bisa melakukan eksplorasi lebih jauh tentang cara membuat Google Form untuk memahami fitur-fitur lain yang belum dijelaskan di artikel ini.