Cara Menghilangkan Iklan di PC dari Browser Chrome, Firefox, dan Opera

Cara Menghilangkan Iklan di PC dari Browser Chrome, Firefox, dan Opera
Cara Menghilangkan Iklan di PC dari Browser Chrome, Firefox, dan Opera

Cara menghilangkan iklan di PC terkadang cukup rumit. Iklan yang wajar masih bisa ditutup dengan menekan tombol close. Tapi ada jenis iklan tertentu yang muncul terus-menerus di layar PC. Iklan pop-up seperti inilah yang sangat mengganggu aktivitas kita.

Sebagian besar iklan yang muncul di PC berasal dari web browser. Mayoritas pengguna PC menggunakan Chrome, Firefox, atau Opera. Tiga browser inilah yang paling populer di dunia. Selain itu, ada juga puluhan jenis browser lain yang menawarkan bermacam-macam fitur.

Selain dari browser, iklan pop-up juga bisa muncul dari aplikasi. Biasanya aplikasi bajakan menanamkan malware untuk menampilkan iklan secara terus-menerus. Inilah salah satu resiko yang dapat ditimbulkan dari penggunaan aplikasi bajakan.

Di artikel ini, kita akan fokus pada iklan dari 3 browser terpopuler.

Cara Menghilangkan Iklan di PC

1. Google Chrome

  • Buka Google Chrome. Klik tanda titik 3 di sudut kanan atas. Kemudian klik Settings.
  • Anda akan disuguhi banyak menu di Settings. Pilih Privacy and Security. Bagian ini berisi sekumpulan pengaturan privasi dan keamanan berkaitan dengan penggunaan Chrome di PC Anda.
Cara Menghilangkan Iklan di PC dari Browser Chrome, Firefox, dan Opera
  • Perhatikan menu Site Settings. Klik tanda panah yang terletak di sebelah kanan.
  • Di dalamnya, Anda akan menemukan banyak jenis konten yang bisa diatur penggunaannya. Untuk mengatur iklan, pilih Pop-ups and redirects.
  • Nyalakan toggle Blocked di bagian paling atas untuk memblokir Pop-ups. Dengan demikian, website tidak akan bisa menampilkan pop-up yang biasanya digunakan untuk iklan. Tapi ini juga bisa berdampak pada penurunan fungsi website, terutama yang perlu menampilkan pop-up penting seperti cara membuat Google Form.
  • Perhatikan menu Block di atas. Anda juga bisa menambahkan website tertentu agar tidak membuka pop-up. Tambahkan url website tersebut ke menu Block dengan klik tombol Add. Dengan begitu, hanya website tertentu saja yang tidak bisa menampilkan pop-up. Website yang tidak masuk dalam daftar Block tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menguji fungsi ini, cobalah dengan post cara menghilangkan iklan pada laptop.
  • Selain cara di atas, Anda juga bisa memblokir pop-up dengan menambahkan extensions. Beberapa extensions yang mendukung fungsi ini antara lain Adblock, Adblock Plus, Fair Adblocker, AdGuard Adblocker, dan Pop-up Blocker Pro.

2. Mozilla Firefox

  • Buka Mozilla Firefox. Klik ikon garis tiga di sudut kanan atas, lalu klik Options.
  • Dari menu Settings yang tersedia, klik Privacy & Security.
  • Settings di Firefox dibagi ke dalam beberapa Sections. Scroll ke bawah sampai ke section Privacy, lalu centang kolom Block pop-up windows.
  • Perhatikan tombol Exceptions di atas. Tombol ini berfungsi untuk mengecualikan sebagian website dari block pop-up. Jika ada website tertentu yang memang perlu menampilkan pop-up, masukkan url website lewat menu Exceptions tersebut, misalnya ceritamedia.com. Daftar website yang Anda masukkan di sana akan dikecualikan dari pemblokiran pop-up.
  • Sama seperti di Chrome, Anda juga bisa menggunakan extensions yang disebut dengan add-ons di Firefox. Beberapa add-ons terbaik untuk memblokir iklan adalah Strict Pop-Up Blocker, Ad-Aware Ad Block, Adblock Plus, dan Pop-Up Controller.

3. Opera

  • Buka Opera. Klik logo Opera kecil yang terletak di sudut kiri atas, kemudian klik Settings.
  • Di sisi kiri layar, klik Advanced, lalu pilih Privacy & security.
  • Di jendela selanjutnya, klik Site Settings.
  • Scroll ke bawah sampai menemukan Pop-ups & redirects, klik tanda panah di sampingnya.
  • Pada menu Allowed di bagian atas, tekan toggle agar fitur ini nonaktif. Tujuannya agar Opera memblokir Pop-up dari website karena kebanyakan hanya menampilkan iklan yang mengganggu.
  • Hampir sama dengan Chrome, Opera juga menampilkan opsi Block dan Allow. Block digunakan untuk menambahkan situs yang tidak boleh menampilkan pop-up. Sebaliknya, Allow berfungsi untuk memuat daftar situs yang boleh membuka pop-up. Untuk menambahkan website ke salah satu daftar ini, tekan tombol Add yang terletak di sebelahnya. Daftar website yang Anda masukkan akan tampil tepat di bagian bawah masing-masing section.
  • Opera juga menyediakan extensions tambahan untuk memblokir pop-up. Meskipun tidak sebanyak Chrome dan Firefox, extensions Opera cukup ampuh untuk menjalankan fungsi ini. Dari beberapa extensions yang tersedia, yang paling kami rekomendasikan adalah Adblock Plus. Extension ini memang sangat populer dan tersedia di berbagai browser, termasuk Chrome, Firefox, dan Opera. Selain itu, ada juga Adguard yang menawarkan fungsi serupa.

Cara Menghilangkan Iklan di PC Agar Tidak Muncul Lagi

Kalau Anda sudah menjalankan langkah-langkah di atas tetapi iklan masih tetap muncul di PC Anda, berarti iklan tersebut berasal dari sumber lain. Coba periksa daftar aplikasi yang Anda install, barangkali ada aplikasi bajakan atau aplikasi yang tidak Anda ketahui, Bila ada, hapuslah jika tidak diperlukan.

Anda juga bisa menggunakan anti virus atau anti malware untuk mengatasi masalah ini. Masih banyak cara menghilangkan iklan di PC yang bisa Anda coba, mungkin akan kita bahas di kesempatan lain.