Cara Mengetahui Pemakai WiFi dengan Aplikasi Terbaik

Cara Mengetahui Pemakai WiFi dengan Aplikasi Terbaik
Cara Mengetahui Pemakai WiFi dengan Aplikasi Terbaik

Cara mengetahui pemakai WiFi yang paling umum adalah melalui router wireless. WiFi Anda pasti dipancarkan oleh sebuah perangkat khusus yang biasanya dilengkapi dengan antena. Alah itulah yang disebut dengan router.

Setiap router pasti menyediakan fitur monitoring dan maintenance. Anda bisa mengaksesnya dengan mengunjungi alamat ip khusus yang digunakan untuk menampilkan halaman administrator.

Alamat ip administrator default biasanya tertulis di bagian bawah atau belakang router. Tentu saja Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan Anda.

Log in ke halaman administrator dengan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Secara default, username router biasanya Admin atau Administrator dengan password berupa kombinasi angka antara 1 sampai 10.

Kredensial ini juga ditulis di badan router tidak jauh dari alamat ip. Sama seperti ip administrator, Anda juga bisa mengubah username dan password administrator sesuai keinginan Anda.

Setelah berhasil masuk, buka menu Monitoring atau Maintenance. Di dalamnya pasti ada sub-menu untuk melihat daftar perangkat yang tersambung ke WiFi Anda. Router juga menyediakan fitur untuk menyaring atau memblokir perangkat tertentu berdasarkan Mac Address.

Jika Anda kurang nyaman dengan fitur monitoring bawaan router, Anda bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Kami sudah mengumpulkan informasi tentang beberapa aplikasi monitoring WiFi terbaik, lengkap dengan Tutorial dan link download resmi.

Cara Mengetahui Pemakai Wifi

1. Wireless Network Watcher

Kalau Anda mencari aplikasi pemantau WiFi yang simple dan praktis, Wireless Network Watcher adalah rekomendasi terbaik kami. Anda tidak akan direpotkan dengan banyak pengaturan teknis rumit seperti yang kerap Anda temukan di aplikasi lainnya.

Tanpa perlu mengatur IP range, Wireless Network Watcher akan langsung melakukan scanning secara otomatis. Proses scanning hanya memerlukan waktu beberapa detik. Hasil scanning yang ditampilkan adalah:

  • Alamat IP
  • Nama Perangkat
  • Mac Address
  • Produsen adaptor
  • Detection count
  • Status aktivitas

Wireless Network Watcher juga menyiapkan fitur notifikasi untuk memberitahu Anda saat ada perangkat yang terhubung, terputus, atau perangkat baru yang belum pernah dideteksi sebelumnya.

Pengaturan lanjutan bisa diakses melalui Advanced Settings (F9). Di sana, Anda bisa mengatur IP range secara kustom untuk melakukan scanning berdasarkan rentang IP tertentu. Interval scanning juga bisa diatur agar Wireless Network Watcher melakukan scanning setiap sekian menit sekali.

Link download: Wireless Network Watcher.

2. Fing Desktop

Fing Desktop adalah aplikasi monitoring WiFI yang kompatibel di perangkat Windows dan Mac. Sebelumnya, aplikasi ini lebih populer di perangkat mobile. Untuk menggunakan Fing Desktop, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Ukuran installernya hanya sekitar 70MB sehingga bisa dijalankan di perangkat dengan spesifikasi minimal.

Setelah menginstall Fing Desktop dan login ke akun Anda, klik “Your current network” -> “Scan for devices”. Perintah ini akan menjalankan scanning ke jaringan yang terhubung dengan perangkat Anda. Hasil scanning Fing Desktop relatif lebih akurat dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Tidak hanya informasi umum seperti alamat IP dan Mac address, Fing Desktop bahkan bisa mendeteksi sistem operasi yang dijalankan di suatu perangkat. Cukup klik salah satu perangkat yang muncul di daftar hasil scan, Anda bisa melihat informasi lengkap tentang perangkat tersebut.

Link download: Fing Desktop.

3. SoftPerfect WiFi Guard

SoftPerfect WiFi Guard adalah versi ringan dari SoftPerfect Network Scanner, aplikasi monitoring jaringan paling komprehensif. Walaupun fiturnya tidak selengkap SoftPerfect Network Scanner, WiFI Guard menawarkan banyak fungsi yang kerap Anda butuhkan untuk memantau penggunaan WiFi.

SoftPerfect WiFi Guard menyajikan fitur-fitur dasar seperti auto-scan setiap sekian menit dan notifikasi hasil scanning. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan scanning di beberapa jaringan sekaligus.

Jika perangkat Anda terhubung ke lebih dari 1 jaringan, SoftPerfect WiFi Guard akan menampilkan balon notifikasi untuk meminta Anda memilih salah satu jaringan untuk dipindai.

Hasil scanning dilengkapi dengan tanda merah dan hijau. Perangkat yang dilabeli lingkaran merah dianggap sebagai perangkat asing. Jika Anda mengenali perangkat tersebut, klik ganda pada label merah lalu pilih “I know this computer or device”. Ini akan mengubah label dari merah menjadi hijau dan perangkat yang ditandai tidak akan muncul di notifikasi peringatan.

Link download: SoftPerfect WiFi Guard.

Cara Mengetahui Pemakai WiFi dari Segi Keamanan

WiFi publik memiliki resiko keamanan yang cukup tinggi. Karena jumlah penggunanya yang cukup banyak, jaringan wireless menjadi sasaran empuk bagi virus dan malware. Virus yang menginfeksi salah satu perangkat bisa dengan cepat menginfeksi perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama.

Aktivitas pengguna juga perlu diawasi. Kalau hanya untuk mencari informasi seperti cara membuat Google Form atau cara membuat spasi di HTML, tidak akan terjadi masalah. Tapi jika pengguna mengakses website ilegal atau mengunduh file berbahaya, resiko keamanan turut mengintai semua orang yang terhubung ke WiFi.

3 aplikasi di atas adalah cara mengetahui pemakai WiFi untuk memastikan keamanan perangkat di jaringan Anda.