Cara Menambahkan Kalender di Blog WordPress dengan Google Calendar

Cara Menambahkan Kalender di Blog WordPress dengan Google Calendar
Cara Menambahkan Kalender di Blog WordPress dengan Google Calendar

Cara menambahkan kalender di blog tidaklah sulit, apalagi di WordPress yang mengutamakan cara pakai yang praktis untuk blogger pemula. Banyak cara untuk memasukkan kalender ke blog Anda, salah satunya adalah dengan Google Calendar.

Google menyediakan API kalender yang bisa Anda sertakan ke dalam blog Anda. API ini tidak berbayar, Anda tinggal menghubungkannya ke blog WordPress Anda. Langkah-langkahnya juga sangat mudah, semudah cara membuat Google Form.

Google Calendar tidak hanya menampilkan kalender dalam format hari dan tanggal. Anda juga bisa membagikan berbagai event dan pengingat di dalamnya, misalnya jadwal seminar, Q&A, Giveaway, dan masih banyak lagi. Tentu akan sangat menarik jika Anda bisa menyelenggarakan berbagai event seru di blog Anda.

Cara Menambahkan Kalender

Cara Menambahkan Kalender di Blog

1. Install Google Calendar

Pertama, install Google Calendar ke blog WordPress Anda. Kunjungi link berikut ini: https://wordpress.org/plugins/google-calendar-events.  Langkah instalasi sangatlah mudah dan praktis. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa menjalankan instalasi sambil membaca tutorial yang disertakan di laman resmi Google Calendar.

Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah konfigurasi. Buka Calendars -> Settings.

Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan kalender yang berisi beberapa menu. Langkah kedua setelah instalasi adalah menghubungkan Google Calendar ke blog Anda.

2. Buat API key

  • Setelah berada di Google Developer Console, klik Create Project.
  • Setelah Create Project, sebuah halaman pop-up akan muncul. Beri nama project Anda, usahakan memilih nama yang mudah diingat dan merepresentasikan project Anda. Misalnya, ProjectKalender.
  • Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman dashboard. Klik menu API yang berada di sisi kanan. Anda akan diarahkan ke daftar produk Google. Pilih Calendar APIs di Google Apps APIs.
  • Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman API Manager. Di bagian Overview, klik Enable API yang terletak di jendela bagian kanan.
  • Pada jendela selanjutnya, klik Go to Credentials.
  • Di bagian ini, ada 3 opsi credentials yang bisa Anda pilih: API key, client ID, atau service account. Di tutorial ini, kita akan menggunakan API key sebagai credential penghubung Google Calendar dengan WordPress. Klik link API key seperti gambar di bawah.
  • Jendela pop-up lain akan muncul. Di step ini, Anda harus memilih jenis key untuk digunakan. Ada 4 pilihan: Server key, Browser key, Android key, dan iOS key. Karena kita akan menggunakannya untuk blog, maka yang harus Anda pilih adalah Server key.
  • Langkah selanjutnya adalah memberi nama pada API Anda. Sama seperti nama project, nama API Anda juga harus mudah diingat dan representatif. Kolom IP address bisa Anda kosongi pada langkah ini.

3. Publikasi Google Calendar

Secara default, semua produk Google bersifat privat. Artinya, semua data Anda di Google hanya bisa diakses oleh Anda sendiri, orang luar tidak akan bisa membukanya. Tapi jika Anda ingin menampilkan Google Calendar ke blog, tentu saja Anda harus membagikan kalender Anda (termasuk data kalender) ke publik.

  • Buka Google Calendar dan klik menu dropdown yang terletak di sebelah kanan kalender. Pilih Share this calendar.
  • Di jendela selanjutnya, centang kolom Make this calendar public, lalu klik Save.
  • Langkah terakhir adalah menyalin Calendar ID. Ini adalah ID berupa kombinasi unik sebagai identitas kalender Anda. ID ini dibutuhkan agar blog Anda bisa terhubung ke Google Calendar. Klik Calendar Details di bagian atas, lalu scroll ke bawah sampai menemukan Calendar ID.

4. Hubungkan ke WordPress

  • Di dashboard WordPress Anda, klik Calendars -> Add New.
  • Beri nama kalender Anda di kolom Enter title here. Selanjutnya, scroll sampai menemukan Calendar Settings di bawah text editor. Klik tab Google Calendar, lalu paste Calendar ID Anda ke kolom yang tersedia.

5. Cara Menambahkan Kalender di Blog

  • Untuk menambahkan kalender ke laman blog Anda, cukup dengan klik Add Calendar yang terletak di atas text editor. Masukkan Page Title terlebih dahulu, misalnya cara menghilangkan iklan di pc.
  • Untuk menambahkan kalender ke postingan, gunakan menu Attach Calendar di sisi kanan.
  • Untuk menambahkan kalender ke widget samping, gunakan plugin Simple Calendar. Buka menu Appearance -> Widgets. Scroll sampai menemukan Simple Calendar, lalu klik. Anda akan diarahkan ke jendela penambahan widget Simple Calendar. Isi nama dan jenis kalender, lalu klik Save.

Cara Menambahkan Kalender di Blog untuk Event Penting

Fitur kalender akan sangat berguna untuk blog Anda. Di dalamnya, Anda bisa mencantumkan berbagai event penting yang akan menarik minat pengunjung. Misalnya, jika blog Anda membahas tentang pemrograman, Anda bisa mencatat berbagai event webinar dan kontes ke kalender Anda.

Ini akan mendongkrak kredibilitas blog Anda dan meningkatkan jumlah pengunjung secara berangsur. Blog Anda akan bertengger di halaman pertama Google dan menjadi rujukan utama banyak orang seperti ceritamedia.com. Semua itu dimulai dari cara menambahkan kalender di blog.