Cara Menambah Pixel Kamera Depan Tanpa Root Android

Cara Menambah Pixel Kamera Depan Tanpa Root Android
Cara Menambah Pixel Kamera Depan Tanpa Root Android

Cara menambah pixel kamera depan kerap dilakukan dengan beragam metode yang mengharuskan Anda melakukan root Android terlebih dahulu. Perlu kami ingatkan, rooting Android adalah tindakan yang beresiko. Terutama dari segi keamanan karena Anda kehilangan lapisan security yang ditanamkan vendor,

Kalau hanya untuk meningkatkan hasil foto kamera depan, tidak perlu root Android.

Smartphone keluaran terbaru sudah menyediakan kamera dengan resolusi tinggi. Hanya saja, kita tidak tahu cara memaksimalkan kualitas kamera ponsel. Padahal langkah-langkahnya bisa dilakukan siapa saja tanpa banyak kesulitan. Sangat mudah, semudah cara membuat Google Form.

Ceritamedia merangkum beberapa cara untuk mengoptimalkan kualitas kamera depan smartphone Anda.

Cara Menambah Pixel Kamera Depan

1. Bersihkan Lensa Kamera

Salah satu penyebab hasil foto kurang memuaskan adalah lensa yang kotor. Lensa kamera sangat rentan terkena debu, sidik jari, dan mikropartikel. Semua itu berdampak pada hasil jepretan yang terlihat buram dan berawan.

Cara membersihkan lensa kamera smartphone:

  1. Gunakan mikrofiber atau kain berbahan lembut agar tidak menimbulkan goresan. Jangan gunakan handuk atau tissue.
  2. Siapkan cairan pembersih yang sesuai dengan karakter permukaan lensa. Jangan gunakan cairan berbahan kimia keras.
  3. Semprotkan cairan pembersih ke permukaan kain. Sedikit saja agar tidak membuat lensa berembun.
  4. Usap permukaan lensa secara perlahan. Cukup beberapa usapan untuk membersihkan kotoran di permukaan lensa. Jangan mengusap terlalu keras agar lensa tidak retak.
  5. Gunakan bagian kain yang masih kering untuk mengusap sisa cairan di lensa. Pastikan lensa sudah kering dan bersih agar tidak meninggalkan bekas noda yang lebih sulit dihilangkan.

Setelah proses pembersihan, cobalah mengambil beberapa foto untuk uji coba. Kalau lensa Anda memang kotor, Anda akan melihat perbedaan kualitas foto antara sebelum dan sesudah dibersihkan.

Membersihkan lensa perlu dilakukan secara rutin. Lensa yang dibiarkan terlalu lama kotor bisa menyebabkan kerusakan fatal. Terutama jika Anda kerap bekerja menggunakan smartphone di luar ruangan.

2. Gunakan Resolusi Tertinggi

Apakah Anda pernah mencoba menjelajahi tiap opsi pengaturan kamera? Bisa saja hasil foto kurang memuaskan karena pengaturan kamera belum dioptimalkan.

Kamera smartphone menyediakan banyak opsi resolusi, dimensi, dan efek yang bisa disesuaikan. Cobalah membuka pengaturan kamera lalu periksa resolusi dan kualitas foto. Atur semuanya ke mode terbaik.

Kemudian, cobalah memotret beberapa foto. Anda akan melihat hasil jepretan yang lebih memuaskan dibandingkan dengan pengaturan standar sebelumnya. Coba juga setiap fitur yang disematkan ke kamera smartphone Anda. Semuanya bertujuan untuk menghasilkan berbagai macam foto sesuai gaya yang Anda inginkan.

3. Monopod dan Tripod

Kerap merasa jengkel akibat foto yang buram dan kurang fokus? Wajar saja, tangan kita memang sulit menjaga kestabilan saat memegang kamera. Tidak seperti tangan fotografer profesional yang bisa tetap stabil hingga beberapa menit.

Triknya: gunakan alat bantu seperti monopod dan tripod.

Monopod adalah stik kamera yang lebih sering disebut sebagai selfie stick atau tongsis. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Desainnya praktis, harganya murah, dan cara pakainya mudah. Dengan monopod, Anda akan mendapatkan hasil jepretan kamera depan yang lebih fokus dan stabil.

Tripod tidak jauh berbeda dari monopod. Sesuai namanya, monopod hanya terdiri dari satu batang, sedangkan tripod memiliki tiga kaki. Tripod digunakan untuk foto dari jarak yang agak jauh. Cari angle yang tepat, pasang kamera ke tripod, atur timer, ambil pose terbaik, lalu jepret! Hasilnya tidak kabur seperti saat mengambil foto dengan tangan.

Masih banyak jenis alat bantu lain yang bisa Anda gunakan untuk menajamkan hasil foto. Coba kunjungi toko peralatan fotografi di kota Anda dan sampaikan apa yang Anda butuhkan.

4. Aplikasi Kamera

Semua smartphone memiliki aplikasi kamera dari vendor. Aplikasi kamera bawaan biasanya kurang optimal dan tidak memaksimalkan semua fitur kamera. Alternatifnya, Anda bisa mengunduh aplikasi kamera lain dari Google Play Store.

Beberapa aplikasi kamera yang kami rekomendasikan adalah:

  1. Open Camera
  2. Camera MX
  3. HD Camera
  4. Noah Camera

Semua aplikasi di atas menyediakan fitur optimasi seperti auto-stabilizer, mode fokus, dan foto HD. Ingin tampilan yang simple dan praktis? Pilih HD Camera. Kalau Anda membutuhkan bermacam-macam filter cantik, pilih Noah Camera. Open Camera dan Camera MX menawarkan fitur lengkap yang juga patut Anda coba.

Masih banyak aplikasi kamera lain di Play Store. Sebagian gratis, ada juga yang berbayar. Kalau hanya untuk foto pribadi, menurut kami aplikasi gratis saja sudah cukup. Tapi kalau Anda memang memiliki passion di bidang fotografi, apa salahnya membeli aplikasi kamera terbaik?

Atau Anda ingin membuat aplikasi kamera sendiri? Pelajari cara jual aplikasi Android untuk menjadikannya sumber penghasilan.

Cara Menambah Pixel Kamera Depan Tanpa Bongkar HP

Meningkatkan kualitas hasil foto kamera depan tidaklah sulit. Kamera smartphone generasi baru sudah memiliki pixel tinggi. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengoptimalkan fungsi dan fiturnya.

Beberapa metode di atas bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil foto yang lebih memuaskan. Jangan mudah tergiur dengan penawaran upgrade kamera. Selain hasilnya yang tidak bisa dipastikan, segel smartphone Anda juga akan rusak.

Cobalah cara menambah pixel kamera depan di atas dan buktikan hasilnya!