Cara Membuat Efek Tulisan di Adobe Premiere dengan Essential Graphics dan Template

Cara Membuat Efek Tulisan di Adobe Premiere dengan Essential Graphics dan Template
Cara Membuat Efek Tulisan di Adobe Premiere dengan Essential Graphics dan Template

Cara membuat efek tulisan di Adobe Premiere selalu dibutuhkan dalam pembuatan motion graphic. Teknik ini biasanya dipakai dalam desain iklan animatif dan penyajian logo modern. Kalau Anda bekerja di bidang multimedia, kemampuan menggunakan Adobe Premiere adalah salah satu kompetensi wajib yang harus Anda sertakan dalam CV.

Apakah Anda suka menonton film animasi? Pixar, salah satu studio film animasi internasional, adalah contoh menarik dari penerapan teknik motion graphic dengan efek tulisan.

Di setiap opening film yang diproduksinya, Anda akan melihat sebuah teks bertuliskan PIX_R. Kemudian, sebuah lampu meja melompat dari huruf P sampai X, lalu turun ke sela-sela antara X dan R. Saat lampu meja menghadap ke audiens, bentuknya berubah menjadi huruf I. Jadilah PIXAR.

Teknik seperti inilah yang akan kita bahas di artikel ini. Tetapi kita tidak akan mencoba membuat motion graphic tiga dimensi dengan tingkat kesulitan super tinggi seperti Pixar. Kita akan mulai dengan efek teks sederhana agar Anda memahami langkah-langkah dasar membuat motion graphic tipografi di Adobe Premiere.

Siapkan laptop yang sudah terinstall Adobe Premiere. Kalau Anda mengalami masalah pada baterai laptop, baca cara kalibrasi baterai laptop untuk mengatasinya.\

Sudah siap? Mari kita mulai.

Cara Membuat Efek Tulisan di Adobe Premiere Via Essential Graphics

Essential Graphics adalah salah satu bagian Adobe Premiere yang berisi sekumpulan fitur canggih untuk membuat motion graphic. Tutorial ceritamedia kali ini membahas cara menggunakan beberapa fitur utama Essential Graphics untuk membuat teks animasi seperti di bawah ini.

Cara Membuat Efek Tulisan di Adobe Premiere dengan Essential Graphics dan Template

Animasi di atas terdiri dari sebuah teks, dua buah persegi panjang berwarna merah dan putih, dan sebuah mask. Masing-masing muncul dan menghilang dari layar secara bergantian dengan waktu transisi yang diatur dengan matang. Meskipun sederhana, hasilnya terlihat rapi dan menarik layaknya penyajian logo di acara televisi.

1. Membuat Teks

  • Tambahkan teks menggunakan Text Tool yang dilambangkan dengan simbol T. Tulis apa saja yang Anda inginkan, misalnya cara membuat Google Form.
  • Setelah menambahkan teks, Anda akan mendapatkan sebuah layer teks baru di bagian bawah. Untuk mengakses semua properties dan tools yang berkaitan dengan teks, cukup klik layer tersebut.
  • Transform digunakan untuk mengatur penempatan teks di atas layar. Gunakan Center untuk meletakkannya tepat di bagian tengah.
  • Appearance menyajikan banyak fitur untuk kustomisasi teks seperti pewarnaan, background, shadow, dan beragam style lainnya.

2. Membuat Background dan Mask

  • Langkah selanjutnya adalah membuat persegi panjang sebagai latar belakang teks dengan layer Rectangle. Buat dua persegi panjang dengan ukuran yang sama persis.
  • Posisikan layer secara berurutan: persegi panjang pertama di bawah, persegi panjang kedua di tengah, dan teks di atas.
  • Di contoh ini kami membuat persegi panjang pertama berwarna putih, persegi panjang kedua berwarna merah, dan teks berwarna putih. Anda bebas berkreasi dengan lebih banyak warna.
  • Buat satu persegi panjang lagi dengan ukuran yang sama. Tempatkan di atas layer lainnya.
  • Klik layer persegi panjang terakhir. Di bagian Appearance, pilih Mask di opsi Shape.

3. Efek Animasi

  • Geser Playhead ke posisi 2 detik. Ini menandakan durasi akhir animasi.
  • Klik layer Text. Pilih simbol Position di bagian Align and Transform.
  • Geser Playhead ke posisi 1 detik. Dengan begitu, teks akan masuk ke layar pada detik  ke 1 dan keluar dari layar pada detik ke 2.
  • Lakukan hal yang sama pada dua persegi panjang di latar belakang. Atur posisi masuk dan keluar secara berurutan agar menghasilkan efek yang rapi.

4. Tambahkan Efek

  • Di panel Effect Controls, tambahkan Ease-in untuk keyframes pertama dan Ease-out untuk keyframes terakhir.
  • Atur timing animasi di bagian Speed Curve. Cobalah menambah atau mengurangi kecepatan masing-masing layer sampai menemukan kecepatan yang ideal untuk animasi Anda.
  • Selesai. Teks animasi Anda siap untuk ditampilkan.

Cara Membuat Efek Tulisan di Adobe Premiere dengan Template

Untuk cara membuat efek tulisan di Adobe Premiere yang lebih instan, Anda bisa mencoba template animasi yang banyak diunggah di internet. Template animasi menawarkan berbagai efek animatif yang bisa Anda sesuaikan sendiri.

Dengan menggunakan template, Anda tidak perlu membuat semua elemen dari nol. Proses pengaturan timing juga bisa dipangkas berkat template siap pakai yang sudah dirancang waktu transisinya.

Kustomisasi bisa dilakukan dengan berbagai fitur di Essential Graphics dan Effect Controls. Cara ini lebih cepat dan mudah dibandingkan membuat efek tulisan secara manual.

Link download motion graphics Adobe Premiere gratis: klik di sini.

Cara Membuat Efek Tulisan di Adobe Premiere dengan Ilustrasi

Kembangkan tutorial di atas dengan kreativitas Anda sendiri untuk membuat motion graphic yang lebih cantik. Kalau Anda berniat membuat teks animatif sekelas Pixar, Anda memerlukan kombinasi beberapa software sekaligus. Adobe Premiere saja tidak akan cukup untuk membuat motion sekompleks itu.

Setidaknya, Anda harus menguasai Adobe After Effect dan Adobe Illustrator. Kedua software itu digunakan untuk membuat ilustrasi dan animasi, sementara Premiere lebih fokus pada video.

Gabungkan ketiganya untuk menghasilkan cara membuat efek tulisan di Adobe Premiere secara profesional.