Cara Jual Aplikasi Android di Google Play Store

Cara Jual Aplikasi Android di Google Play Store
Cara Jual Aplikasi Android di Google Play Store

Cara jual aplikasi Android yang paling umum adalah di Google Play Store. Sebagai pusat aplikasi resmi Google, Play store menjadi tujuan utama para pengguna Android dalam mencari aplikasi. Banyak yang gratis, tak sedikit yang berbayar. Kalau Anda punya keahlian di bidang pemrograman Android, kenapa tak mencoba peluang ini?

Apakah hanya perusahaan besar yang bisa menjual aplikasi di Play Store? Tentu saja tidak. Banyak aplikasi berkualitas yang dibuat oleh developer indie. Contohnya Polytopia, game yang memiliki banyak penggemar di Play Store dan kini melebarkan sayapnya ke Steam.

Ingin mencoba? Ikuti Tutorial di bawah ini.

Cara Jual Aplikasi Android

1. Membuat Akun

Untuk dapat mengunggah dan menjual aplikasi ke Google Play Store, ada 2 jenis akun yang perlu Anda buat: Developer Account dan Merchant Account. Kedua akun ini akan saling tertaut.

Developer Account

Akun ini khusus dibuat untuk para developer. Kunjungi link berikut ini: https://play.google.com/apps/publish/signup/.

Kolom isian pendaftaran cukup simple, tidak jauh berbeda dari cara membuat Google Form. Untuk mendapatkan Developer Account, Anda diwajibkan membayar biaya sebesar 25$. Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit dan kartu debit.

Proses pendaftaran memerlukan waktu maksimal 48 jam. Jika semua data sudah diisi dengan benar dan pembayaran sudah terkonfirmasi, akun developer Anda siap untuk digunakan.

Merchant Account

Anda harus memiliki Merchant Account jika ingin mengunggah aplikasi berbayar ke Play Store. Akun ini berfungsi untuk mendapatkan pembayaran bulanan dan memantau kinerja penjualan Anda.

Cara Jual Aplikasi Android di Google Play Store

Caranya:

  1. Sign in ke https://play.google.com/apps/publish/signup/.
  2. Klik Download Reports – Financial.
  3. Pilih “Set up a merchant account now”.
  4. Isi semua informasi yang dibutuhkan

Merchant Account akan langsung terhubung ke Developer Account. Kedua akun ini wajib Anda miliki sebelum mengunggah aplikasi berbayar ke Play Store.

2. Upload APK

Sekarang Anda bisa mulai mempersiapkan APK Anda untuk diupload ke Play Store. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Di Play Console, pilih tab “All Applications”.
  2. Klik “Create Application”.
  3. Pilih bahasa utama untuk aplikasi Anda.
  4. Masukkan nama aplikasi.
  5. Klik “Create”.

Anda akan diarahkan ke langkah selanjutnya yaitu Store Listing.

Store Listing

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi detail tentang aplikasi Anda. Beberapa informasi tersebut antara lain:

  1. Product Details: nama aplikasi dan deskripsi.
  2. Graphic Assets: gambar, video, dan screenshots aplikasi.
  3. Language & Translations: bahasa utama dan bahasa terjemahan.
  4. Categorization: kategori dan sub-kategori sesuai jenis aplikasi.
  5. Contact Details: email, website, dan nomor telepon untuk customer support.
  6. Privacy Policy: kebijakan pengguna, penyimpanan & penggunaan data, dll.

Kalau Anda kesulitan mengisi bagian ini, isi saja kolom yang sudah Anda pahami lalu simpan sebagai draft. Anda bisa mengisi Store Listing di kemudian hari. Tapi ingat, Store Listing harus sudah terisi sebelum merilis aplikasi.

Testing Aplikasi

Bila informasi di Store Listing sudah diisi, Anda bisa melanjutkan ke tahap testing. Pilih aplikasi yang Anda buat di langkah 3 tadi. Dari menu sebelah kiri, klik “Release Management”, lalu pilih “App Release”.

Anda bisa memilih beberapa opsi berikut:

  1. Internal test
  2. Closed
  3. Open Test
  4. Production Release

Tiga opsi pertama digunakan untuk tahap testing. Anda pasti sudah familiar dengan istilah beta test, bukan?

Sedangkan production release adalah tahap terakhir untuk publish aplikasi Anda secara global, tergantung negara mana saja yang Anda pilih.

3. Rilis APK

Kalau Anda sudah menyelesaikan tahap testing dan merasa yakin bahwa aplikasi Anda sudah siap untuk dipublikasikan, langkah selanjutnya adalah Production Release. Tapi sebelum rollout, ada beberapa hal yang harus Anda tinjau kembali.

Content Rating

Bagian ini berfungsi untuk menentukan target pengguna yang tepat untuk aplikasi Anda. Salah satu isinya adalah rentang usia. Ini sangat penting untuk memisahkan aplikasi yang aman untuk anak-anak dari aplikasi khusus pengguna dewasa. Isi Content Rating dengan tepat. Kalau Google mendeteksi Content Rating Anda tidak sesuai, aplikasi Anda mungkin akan dihapus dari Play Store.

Tentukan Cara Jual Aplikasi Android

Ada aplikasi yang mewajibkan pengguna untuk membayar sebelum mengunduh. Jenis pricing lainnya adalah freemium, fitur dasarnya gratis tapi fitur premiumnya berbayar. Ada juga yang menjual item-item berbayar di dalam aplikasi seperti kebanyakan game online. Ini harus Anda tentukan di bagian Pricing.

Pilih negara mana saja yang menjadi target distribusi Anda. Bila perlu, siapkan translasi untuk masing-masing negara target.

Rollout Release

Bila Anda sudah yakin dengan semuanya, klik “Release Management” -> “App Release” -> “Edit Release” -> “Review”. Anda akan dibawa ke halaman review untuk meninjau ulang segala sesuatunya. Bila sudah yakin, klik “Confirm rollout”.

Maksimalkan Cara Jual Aplikasi Android

Selamat, aplikasi Anda sudah muncul di Play Store! Lanjutkan dengan promosi dan terus pantau performa penjualan Anda. Pertimbangkan untuk mencoba strategi promosi dengan melibatkan pengguna, seperti cara menambah kapasitas Dropbox gratis.

Sekarang Anda sudah memahami cara jual aplikasi Android, lalu apa lagi yang Anda tunggu?